SPEED, POWER & COURAGE

Tantangan masa depan bagi Karbol makin hari makin banyak dan bervariasi. Mereka dituntut untuk bisa berfikir jauh ke depan dan mempersiapkan diri mereka dengan baik demi mencapai kesiapan diri mereka untuk menjadi perwira TNI AU yang handal dan cekatan. Setelah mereka dituntut untuk menjadi manusia yang tanggap, tanggon dan trengginas, muncul pula gagasan untuk menjadikan Karbol sebagai manusia yang mempunyai kecepatan, kekuatan dan keberanian dalam menghadapi tugas dan tanggung jawab mereka.

 

Kebutuhan akan tiga komponen itu diwujudkan dalam sebuah motto “Speed, Power & Courage”. Motto tersebut banyak memiliki harapan dan keinginan untuk meningkatkan kualitas Karbol yang disiapkan oleh AAU demi menghadapi tantangan dan perkembangan bagi TNI AU di masa depan. Dengan menguasai ketiga komponen itu, diharapkan masa depan bagi kita semua akan menjadi lebih baik dan cerah.

 

Dalam tulisan ini, penulis mencoba menganalisa motto “Speed, Power & Courage” tersebut secara definisi dan pengertian. Diharapkan dengan mengertinya pembaca terhadap definisi motto tersebut, makin mudah pula pembaca memahami maksud dan tujuan dibuatnya dan diterapkannya motto itu pada kehidupan Karbol.

 

SPEED (Kecepatan)

 

Secara harfiah, speed diartikan sebagai kecepatan. Menurut Accurate & Reliable Dictionary, speed diartikan sebagai perubahan gerakan yang cepat, pergerakan menuju kemakmuran, atau pergerakan yang cepat dalam kondisi apapun, baik atau buruk. Sedangkan Wikipedia mengartikannya sebagai tingkat gerakan atau perubahan posisi yang digambarkan dengan jarak dan waktu.

 

Dalam kecepatan, tidak akan diperhatikan pesan moral di dalam perubahan gerakan tersebut. Yang terpenting adalah penggunaan waktu.

 

Bagi seorang Karbol, kecepatan sangat diperlukan untuk menghadapi banyak tugas dan tanggung jawab dan dengan waktu yang amat terbatas. Tiap waktu menjadi sangat berharga dalam menyelesaikan tiap tugas mereka. Kecepatan dapat berbentuk antara lain kecepatan menangkap dan memahami pelajaran, perintah, tugas dan menyelesaikan tugas mereka baik secara individu atapun kelompok.

 

Power (Kekuatan)

 

Menurut Thinkexist.com, Power (Kekuatan) diartikan sebagai :

 

a.            Kemampuan untuk bertindak, baik secara nyata ataupun  kasat mata.

b.            Kemampuan alamiah seseorang untuk mewujudkan sesuatu.

c.            Kemampuan seseorang untuk menimbulkan efek, baik secara fisik atau moral.

d.            Kemampuan mental atau moral seseorang untuk bertindak, yang didasari oleh jiwa sehingga mampu berfikir, beralasan, memutuskan, berkeinginan, berharap dan lainnya.

 

Pada Kekuatan, inti penggunaannya adalah pada efek atau hasil yang ditimbulkan.

 

Kekuatan seorang Karbol, adalah kekuatan fisik dan mental mereka yang tumbuh dari dalam diri mereka sendiri sehingga mampu berfikir, bertindak dan bertanggung jawab atas apa yang mereka lakukan dalam mewujudkan cita-cita mereka.

 

Courage (Keberanian)

 

Menurut Wikipedia, Courage bisa disamakan dengan bravery, will dan juga fortitude yang artinya adalah kemampuan untuk menghadapi rasa takut, rasa sakit, resiko, bahaya, ketidakteraturan atau intimidasi. Keberanian bisa digolongkan menjadi dua , fisik dan mental. Keberanian secara fisik berarti keberanian menghadapi sakit secara fisik, kekerasan atau kematian. Sedangkan keberanian secara moral adalah keberanian untuk bertindak benar dan tegas terhadap lawan, rasa malu, skandal atau ketakutan.

 

Keberanian dapat diartikan menurut berbagai cara, antara lain :

 

a.            Menurut Filosofi. Menurut Tao Te Ching, keberanian (baik secara fisik atau moral) dihasilkan oleh cinta  (“Loving causes ability brave”) dan dia menjelaskan bahwa orang yang berani tetapi sembrono, akan mendatangkan kematian, sedangkan orang yang berani dan telaten akan menjaga kehidupannya. Dengan demikian, keberanian fisik dan moral sama penting pada setiap pertempuran.

b.            Keberanian Rakyat. Biasanya keberanian rakyat akan muncul ketika adanya penguasa yang dianggap tidak adil. Oleh karena itu, keberanian rakyat adalah keberanian untuk melawan ketidakadilan dan kejahatan.

c.            Valour. Menurut Royal Military of Canada Officer Cadet Handbook halaman 15, keberanian disamakan dengan kata valour yang artinya kekuatan moral yang diperlukan untuk mewujudkan tugas seseorang dengan baik. Konsep valour ini menjembatani antara kebenaran dan tugas sehingga setiap orang mampu melaksanakan tugas dengan baik dan menjalani hidup dengan tenang apapun yang terjadi.

 

Seorang karbol diharapkan berani untuk melatih dan mempersiapkan diri demi masa depan mereka, berani bertindak benar dan tegas dan berani melaksanakan tugas dengan baik apapun resiko yang harus dihadapinya.

 

Kesimpulan

 

Setelah karbol mampu menguasai speed, power & courage, diharapkan semua langkah kerja mereka bisa dengan cepat terlaksana, mampu untuk berfikir, bertindak dan memutuskan serta dengan fisik dan moral berani untuk menghadapi segala bahaya dan resiko demi kebenaran serta menjalankan tugas mereka dengan baik.

 

 

Referensi :

 

1.            Wikipedia, Speed, http://en.wikipedia.org/wiki/Speed, 10 Maret 2008.

2.            Accurate & Reliable Dictionary, Speed, http://www.ardictonary.com, 10 Maret 2008.

3.            Thinkexist.com, Power Meaning and Definision, http://www.thinkexist.com, 10 Maret 2008.

4.            Wikipedia, Courage, http://en.wikipedia.org/wiki/Courage, 10 Maret 2008.

~ oleh Ahmad Irvan pada 7 April 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: